Press "Enter" to skip to content

Gerakan #BlueForSudan yang Ramai di Media Sosial Sudan

Saat ini muncul gelombang aksi dari orang-orang media sosial (netizen) dengan cara mengubah gambar profil pada akun media sosial dengan gambar berwarna biru. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas untuk Sudan dan bentuk kesadaran terhadap pemberontakan yang saat ini melanda negara Afrika Utara.

Mengapa warna biru? warna ini digunakan untuk menghormati Mohamed Hashim Mattar (26) yang meninggal karena diduga ditembak mati oleh Pasukan Pendukung paramiliter Sudan (Sudanese paramilitary Rapid Support Forces) selama penumpasan terhadap demonstran di ibukota negara itu, Khartoum, pada 3 Juni. Biru merupakan warna favorit Mattar sehingga keluarga, teman-temannya mengganti profil media sosial dengan warna biru sebagai bentuk penghormatan atas kematiannya.

Hastag #BlueForSudan juga mulai viral di media sosial selain pemasangan profil warna biru, hal ini juga sebagai bagian dari aksi solidaritas untuk membawa kesadaran masyarakat atas situasi yang terjadi di Sudan. Bintang-bintang besar Hollywood seperti Rihanna juga memasang dan menggunakan hastag tersebut sehingga membawa momentum untuk menviralkan aksi tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, maka kalian dapat membaca informasi tersebut melalui sumber aslinya di portal CNN International, namun untuk lebih memudahkan maka kalian dapat mengaksesnya melalui link berikut: Why Media Social is Going Blue for Sudan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *