Press "Enter" to skip to content

Waspada Serangan Malware Melalui Software Bajakan

Malware (Malicious Software) merupakan salah satu dari jenis tindak kriminalitas di dunia maya (Cybercrime), serangan ini biasanya terjadi melalui akses jaringan internet dengan cara menyusup lalu kemudian menginfeksi sistem komputer.

Kejahatan ini memiliki beragam motif salah satunya mengincar data korban yang tersimpan pada sistem komputer. Indonesia tidak luput dari target serangan malware karena serangan ini bersifat global sehingga siapapun dapat terserang selama tidak memiliki sistem keamanan jaringan yang baik. Indonesia sendiri sebenarnya menjadi salah satu negara yang rentan terserang malware, hal inilah yang membuat Indonesia masuk dalam tiga besar negara yang rawan diserang malware.

“Malware itu banyak jenisnya, tapi dari apa yang saya lihat di data Microsoft, sangat jelas bahwa Indonesia masuk tiga besar, itu bukan hal yang layak dibanggakan” Tutur Hariz Izmee (President Director Microsoft Indonesia)

Hariz juga mengatakan jika peringkat Indonesia tidak menentu kadang naik namun juga data statistik menunjukkan peringkatnya mengalami penurunan.

“Jadi kadang nomor satu, dua atau tiga, naik turun peringkatnya” Jelasnya saat diwawancari oleh KompasTekno di Jakarta.

Menurut Hariz salah satu penyebab Indonesia menjadi salah satu negara favorit serangan malware adalah masih banyaknya penggunaan software ilegal yang mana sistem keamanannya sangat rentan terhadap serangan. Hal ini berbeda dengan software resmi yang memiliki pembaruan keamanan yang lebih cepat sehingga dapat meningkatkan keamanan data pengguna.

“Kalau dari segi statistik sekitar 83 persen software di Indonesia ilegal” Jelas Hariz.

Pendidikan masyarakat perihal penggunaan software perlu ditingkatkan, hal ini untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat tentang pentingnya melindungi data pribadi di era teknologi informasi.

Informasi lebih lengkap dapat dibaca pada laman portal online kompas.com, kalian dapat langsung membaca dengan mengklik link berikut: Software Ilegal Bikin Indonesia Target Favorit Malware

Sumber gambar:
shmilon.com

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *