Press "Enter" to skip to content

Layanan Perpustakaan Bagi Pengguna di Era Teknologi Informasi

Perpustakaan merupakan salah satu media yang menyediakan berbagai macam informasi baik dalam bentuk tercetak maupun non cetak. Dalam perkembangannya, perpustakaan di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan perpustakaan yang terjadi saat ini tidak luput dari perkembangan teknologi informasi. Dalam kehidupan yang serba modern dan serba cepat ini, semua orang membutuhkan informasi sebagai hal yang hakiki. Tanpa informasi dapat menyebabkan masyarakat menjadi tersisih dan terbelakang.

  Dalam hal ini perpustakaan memegang peranan yang sangat besar dalam rangka menyebarkan informasi. Pada zaman dahulu dimana zaman pra komputer pernah terjadi di Indonesia menyebabkan berbagai kegiatan di perpustakaan dilakukan dengan cara manual dengan sistem perpustakaan konvensional, yaitu dengan mencatat berbagai kegiatan di perpustakaan, baik dalam hal pengadaan, pengelolaan, hingga penyajian informasi kepada pengguna. Hal semacam ini hampir terjadi pada semua jenis perpustakaan di Indonesia.

  Dunia bergerak semakin cepat berkat perkembangan teknologi informasi maka kita sekarang dapat menerima informasi dari dunia lain.jika dulu kita membaca berita dari lembaran kertas,koran atau majalah sekarang kita bisa membacanya melalui alat komunikasi seperti ponsel yang kita bisa bawa ke mana saja.

 Perkembangan teknologi informasi sekarang telah maju sangat pesat.teknologi informasi sangat berhubungan dengan peran  perpustakaan sebagai kekuatan dalam pelestarian Dn penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan pengembangan karya-karya ilmiah.dengan melihat teknologi informasi sekarang banyak kebudayaan berkembang seiring dengan meningkatkannya minat untuk menulis,mencetak dan kebutuhan manusia akan informasi.

 Jika kita berbicara tentang teknologi  informasi banyak yang kita ketahui betapa pentingnya teknologi informasi di perpustakaan saat ini. Penerapan teknologi ini dirasa cukup penting bagi perpustakaan karena tuntutan dari pemustaka tersebut maka perpustakaan harus mengadaptasi perkembangan teknologi didalam perpustakaan.

 penerapan teknologi ini meliputi penerapan teknologi pada pengelohan informasi atau bahan Pustaka  pada layanan sirkuslasi maupun kegiatan perpustakaan lainnya. Dengan begitu layanan informasi yang diberikan kepada pemustaka akan berjalan dengan maksimal karena adanya teknologi informasi tersebut.

 Teknologi informasi di perpustakaan dapat difungsikan dalam berbagai bentuk antara lain

  • Teknologi informasi digunakan sebagai system informasi manajemen perpustakaan. system informasi perpustakaan dapat diintegrasikan dengan bidang pekerjaan  yaitu pengadaan buku katalogisasi,sirkulasi, pengelolahaan anggota.
  • Teknologi informasi sebagai sarana untuk menyimpan , mendapatkan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital.

  Layanan sirkulasi merupakan layanan perpustakaan dimana pemustaka atau pengguna dapat melakukan peminjaman dan pengembalian koleksi. Pada layanan sirkulasi, sumber informasi yang disediakan  biasanya sumber informasi primer. Sumber informasi primer yang disediakan untuk melakukan layanan sirkulasi terdiri dari buku utama maupun terjemahan. Sementara layanan referensi merupakan layanan rujukan yang dimiliki oleh perpustakaan. Sumber informasi referensi biasanya terdiri dari sumber sekunder dan tersier.

 Adapun sumber informasi di perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pemustakanya. Sumber informasi dapat di peroleh dari manusia,organisasi,literatur dan jasa informasi. pemustaka maupun pencari informasi perlu mengetahui dan mempelajari jenis-jenis sumber informasi sebagai pengetahuan dalam menemukan informasi yang di butuhkan. Sumber-sumber informasi yang berjenis referensi ini merupakan bahan-bahan rujukan, seperti kamus, biografi, ensiklopedi, dan sebagainya. Selain itu, majalah dan artikel-artikel juga termasuk kedalamnya.

Dalam pelayanan sumber informasi dalam perpustakaan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai secara tepat dan akurat yaitu melalui penyedian sarana dan penelusurannya. Usaha ini diharapkan memberikan kepuasan kepada pemakai atas layanan informasi yang di berikan dapat tercapai. Layanan informasi yang di berikan berupa sumber-sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan untuk penggunanya.

 Adanya teknologi informasi memudahkan setiap pekerjaan sehingga lebih efisien. Meski dengan berkurangnya tenaga kerja di perpustakaan tetapi perpustakaan dapat memepertahankan mutu pelayanan perpustakaan dengan memanfaatkan teknologi informasi. kebutuhan akan ketepatan layanan informasi. Selain kecepatan dalam memperoleh informasi, pemakai juga membutuhkan ketepatan informasi yang didapatkan-nya dari perpustakaan.

 Informasi yang ada di perpustakaan saat ini tidak hanya terbatas kepada buku dan jurnal ilmiah saja. Informasi-informasi lain seperti audio visual, multimedia, bahan mikro, media optik dan sebagainya saat ini juga dikoleksi oleh perpustakaan. Banyak koleksi perpustakaan yang harus di baca dengan menggunakan teknologi komputer.

 Selain itu untuk mengelola informasi yang sangat beragam tersebut diperlukan bantuan alat terutama teknologi computer. Dalam layanan sumber informasi peran teknologi informasi ialah sebagai penunjang pelayanan karena pada era teknologi ini perpustakaan tidak bisa mengimbangi perkembangan teknologi tersebut perpustakaan perlahan akan kehilangan peminatnya.

 Perkembangan layanan sumber informasi di perpustakaan dengan penggunaan teknologi di dalamnya dapat meningkatkan kualitas layanan yang di berikan perpustakaan. Hadirnya Internet merupakan sebuah fenomena baru yangmelanda dunia saat ini terutama dalam bidang teknologi informasi.Dengan adanya fasilitas internet kini terbuka kemungkinan perpustakaan memberi layanan kepada penggunanya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

SUMBER

https://wordpress.com/2015/05/24/perkembangan-teknologi-informasi-perpustakaan-di-indonesia/

https://www.kompasiana.com/rhsnanaretno/5a2cca462a58232dde5bb9e2/layanan-perpustakaan-di-jaman-teknologi-informasi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *