Press "Enter" to skip to content

Internet Sebagai Sarana Komunikasi dan Distribusi Informasi pada Perpustakaan Digital

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia – https://brainly.co.id/tugas/2412186#readmore

Sedangkan perpustakaan digital sendiri adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer.

Dijaman yang semakin berkembang ini, internet merupakan media yang digunakan sebagai sarana komunikasi yang lambat laun telah menyingkirkan media komunikasi seperti telepon atau sms. Bisa dikatakan pada saat ini internet  merupakan pemenang dari segala peradaban manusia. Pada saat ini juga telah terbukti bahwa penjual pulsa data internet lebih tinggi jumlah dan pemakainya dibandingkan jumlah penjual dan pemakai pulsa reguler,  hal ini di karenakan banyaknya orang – orang saat ini yang menggunakan media sosial seperti youtube, instgram, twitter,facebook,whatsapp,line  yang membutuhkan data internet ataupun jaringan internet sangatlah banyak.

Sebagai sarana komunikasi di perpustakaan internet dan media sosial sangat berperan penting, media sosial akan menjadi alat yang efektif untuk menyampaikan berbagai hal seperti pengumuman layanan baru, penerapan denda, memperkenalkan koleksi baru, menginformasikan acara yang diselenggarakan di perpustakaan, dan lain-lain. Media sosial juga dijadikan sebagai sarana berkomunikasi antara pengguna dengan pustakawan, misalnya tentang ketersediaan bahan pustaka, atau konsultasi penggunaan bahan pustaka tertentu.

Internet membawa perubahan besar dalam distribusi informasi. Dengan teknologi media sebuah informasi dapat didsitribusikan  dengan cepat. Di perpustakaan sendiri pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka bergantung dengan distribusi informasi. Sumber informasi dapat terdistribusi melalui lembaga formal dan non formal.

Sebagai media distribusi informasi perpustakaan diharapkan bisa membangun koleksi digital. Fungsi koleksi digital ini sebagai pelengkap koleksi tercetak yang dimiliki perpustakaan. koleksi ini diharapkan mampu menjembatani kebutuhan dua kelompok pengguna perpustakaan yang berbeda, yaitu mereka yang lebih aktif memanfaatkan koleksi tercetak serta menyediakan kelompok yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengakses langsung perpustakaan dan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengakses koleksi digital perpustakaan.

Dalam pembangunan koleksi digital, dapat dilakukan dengan cara digitalisasi informasi dan memanfaatkan internet sebagai  sarana untuk menghimpun koleksi digital.

Digitalisasi koleksi merupakan proses digitalisasi dokumen, informasi dan koleksi lainya sehingga berwujud dokumen digital (Suprihadi, 2005; 2). Dengan kata lain digitalisasi berarti melakukan konversi dari koleksi tercetak menjadi koleksi digital maka ada berbagai sarana yang dibutuhkan perpustakaan. Proses konversi

ini adalah usaha untuk Sarana tersebut dapat berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Perangkat keras yang dibutuhkan meliputi komputer lengkap dengan scanner, sedangkan untuk kebutuhan perangkat lunak proses digitalisasi membutuhkan program adobe acrobad. Adobe acrobad merupakan program yang familiar digunakan untuk konversi dalam format digital.

Memanfaatkan internet sebagai sarana untuk menghimpun koleksi digital. Cara ini merupakan cara yang efektif dan efisien. Efektif disini dimaksudkan bahwa dengan memanfaatkan internet koleksi digital dapat diperoleh secara cepat dan tepat. Sedangkan efisien disini dimaksudkan bahwa koleksi digital tersebut diperoleh secara cepat dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Di dunia internet tersedia banyak jurnal on-line atau elektronik, makalah atau e-book. Apabila perpustastakaan mampu melakukan langkah ini maka distribusi informasi bagi mereka yang membutuhkan dapat dilakukan secara cepat. http://perpuskini.blogspot.com/2009/11/mempercepat-distribusi-dan-informasi.html

Sekian dan terimakasih

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *