Press "Enter" to skip to content

Manfaat Teknologi Informasi Bagi Perkembangan Perpustakaan

Perkembangan perpustakaan pada era masyarakat informasi dewasa ini telah telah dimanfaatkan untuk salah satu pusat informasi, pengetahuan, penelitian, rekreasi dan pelestarian ilmu pengetahuan. Saat ini masyarakat atau pemustaka perpustakaan menghendaki menjadi right information, right user dan right now. artinya perpustakaan dituntut untuk memberikan layanan informasi yang tepat, pada pengguna atau pemustaka yang tepat dan waktu yang cepat. Hal ini juga terlaksana dengan baik apabila perpustakaan dapat menghadirkan dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan,

Menurut abdul rahman saleh (1998), informasi merupakan sumber daya yang strategis sepanjang hidup kita. perpustakaan merupakan suatu lembaga yang yang mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan informasi dari sejak menghimpin, megolola sampai mendistribusikan. informasi kepada para penggunannya. Ada beberapa alasan mengapa teknologi informasi harus diterima diperpustakaan antara lain:
1. tuntutan terhadap jumlah dan mutu layanan perpustakaan
2. tuntunan terhadap bersama
3. kebutuhan untuk mengefektifkan sumber daya manusia
4. tuntunan terhadap efisiensi waktu
5. keragaman informasi yang dikelola
6. kebutuhan akan ketetapan layanan informasi.
penerapan teknologi informasi di perpustakaan saat ini sering menjadi barometer untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemajuan dari perpustakaan tersebut bukan lagi besarnya gedung yang dipakai, banyaknya rak buku, ataupun berjubelnya pengguna melainkan semakin canggih dan otomatis perpustakaan. alasannya dengan adanya teknologi informasi maka akan lebih banyak yang dikerjakan dan dilayani.
perkembangan terakhir menunjukkan kecepatan pengembangan perpustakaan telah banyak dipengaruhi oleh sentuhan teknologi, hal ini dikarenakan pemanfaatan teknologi mampu meningkatkan fungsi dan peran perpustakaan sebagai media penyebaran ilmu pengetahuan dan informasi. Salah satu hal yang sangat dirasakan manfaatnya dengan kehadiran teknologi informasi adalah adanya database atau basis data menggunakan komputer dan perpustakaan digital (digital library baik online maupun offline).

penerapan teknologi informasi di perpustakaan bersama dengan perkembangannya tersebut dapat dilihat dari tahapan evolusi format dokumen yang menjadi koleksi perpustakaan, antara lain dimulai dari bahan cetak (paper meterial) microfilm, CD ROM/DVD, komputer internet. bentuk penerapan teknologi informasi ini sering dikenal dengan perpustakaan digital atau digital library. Penerapan teknologi informasi di perpustakaan dapat difungsikan dalam berbagai bentuk, anatara lain:
1. sebagai sistem manajemen perpustakaan, Bidang pekerjaan yang dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen perpustakaan adalah pegadaan, inventarisasi,katalogisasi, sirkulasi,keanggotaan, statistik dan lain sebagainnya. fungsi ini sering diistilahkan sebagai bentuk automasi perpustakaan.
2. Sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan, dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital. bemtuk penerapan teknologi informasi ini sering dikenal dengan perpustakaan digital atau digital library.
kedua fungsi teknologi informasi tersebut dapat dilakukan secara terpisah atau dilkaukan secara integrasi dalam sistem informasi perpustakaan. kondisi ini tergantung dari kemampuan software yang digunakan, sumber daya manusia dan infastruktur perlatan teknologi informasi yang digunakan.
kemudahan yang dapat diperoleh melalui pengunaan teknologi informasi diharapkan pekerjaan, kegiatan dan layanan perpustakaan semakin meningkatkan lebih baik, sehingga perkembangan perpustakaan akan semakin maju pesat dan manfaat yang bisa dipetik dari penerapan teknologi informasi di perpustakaan antara lain:
1.memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna perpustakaan
2. meningkatkan citra perpustakaan
3. pembangunan infrastruktur nasional, regional dan global.

Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan beraneka ragam teknologi canggih membawa perubahan yang akan mempengaruhi pada tuntutan terhadap kondisi perpustakaan. sperti diketahui bahwa perpustakaan adalah suatu lembaga pendidikan nonformal yang menyedikan koleksi dan informasi yang beraneka ragam dan berguna untuk mengubah cara berpikir, bertingkah laku, dan berperasaan menghadapi proses kehidupan yang selalu berubah. Di era globalisasi berbagai informasi mudah didapat dengan cepat. dalam upaya pelestarian data-data maupun informasi yang dimiliki , berbagai teknologi penyimpanan data sudah diterapkan diperpustakaan. pemanfaatan teknologi CD-ROM, aplikasi komputer untuk menyimpan data base katalog maupun jurnal sebagai disiplin ilmu yang dapat diakses oleh setiap pengunjung. beberapa masalah yang dihadapi oleh perpustakaan antara lain keterbatan ruang untuk penyimpanan buku yang dimiliki, fasilitas perpustakaan yang memadai dan keterbatasan pendanaan yang dibutuhkan untuk memeliharaan sarana prasarana. dengan sarana teknologi informasi yang semakin berkembang pesat, beberapa masalah yang dapat diatasi dengan mekanisme kerja dan penyimpanan data yang lebih efektif.

sumber
https://ilmu-pendidikan.net

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *