Press "Enter" to skip to content

Tanggapan Masyarakat Terhadap Hubungan Internet dan Perpustakaan

Internet merupakan sebuah alat yang berbentuk jaringan dengan sistem komunikasi global yang menghubungkan seluruh jaringan komputer di dunia sehingga segala informasi mudah untuk didapatkan. Akan tetapi kemunculan internet di kalangangan masyarakat sekarang ini tidak menggunakan/memakai internet dengan baik dan lupah akan waktu untuk beraktivitas dengan hal hal lain seperti bekerja dll. Sebenarnya Internet kalau di pakai secara baik banyak sekali manfaat yang kita ambil dari sana seperti Mempermudah proses pelaksanaan akademik, Menghemat biaya dan waktu dan masih banyak lainnya. Menurut saya penggunaan internet pada masa kini tidak hanya sebagai sarana untuk mencari informasi tetapi juga sebagai sarana untuk bermain games dan belajar. Beberapa Perusahaan Dan lembaga Pendidikan yang menyediakan jasa layanan internet sudah mulai beragam sehingga internet tidak sulit lagi utnuk diakses. Hebatnya lagi, untuk mengakses internet pada era masa kini tidak hanya bisa dilakukan dikomputer saja melainkan Handphone atau telepon selular juga sudah menyediakan layanan internet jadi seluruh masyarakat dapat menikmati layanan internet dimanapun dan kapanpun juga.
 Begitu juga dengan perpustakaan Perpustakaan adalah sebuah gedung yang menyimpan buku-buku baik yang dijilid atau pun tidak terjilid yang digunakan sebagai bahan pustaka untuk menyusun karangan yang berbentuk artikel, skripsi, jurnal, proposal dan majalah. Dapat diartikan juga sebagai tempat belajar, perkumpulan, kreasi, dan hiburan bagi pengunjung yang berkunjung ke perpustakaan di sekitar mereka. Disadari atau tidak perpustakaan adalah sumber ilmu bagi berbagai kalangan mulai dari anak sekolah, mahasiswa, maupun orang awam. Akan tetapi, sekarang ini peran perpustakaan sebagai gudang ilmu telah tersisihkan seiring datangnya arus teknologi internet. Saat ini peran perpustakaan sedikit demi sedikit telah tersisihkan oleh internet yang menyediakan banyak informasi dari berbagai belahan dunia yang dengan mudah diakses oleh orang per orang. Ya, di era internet seperti sekarang ini orang dapat berseloroh “buat apa capek-capek ke perpustakaan untuk mencari buku yang kita butuhkan, internet membantu kita memperoleh semua literatur yang kita butuhkan”. Kenyataan yang tidak bisa diingkari kebenarannya. Cukup di rumah lalu kita buka dan hidupkan laptop kemudian disambungkan dengan jaringan internet maka mesin pencarian (search engine) seperti google atau yahoo telah siap memberikan literatur apa saja yang kita inginkan. Hanya dengan mengetik kata kunci untuk literatur yang kita inginkan dan kemudian tekan tombol enter maka literatur-literatur yang kita butuhkan akan bermunculan. Bisa kita baca saja atau kita unduh lalu disimpan pada flashdisk untuk sewaktu-waktu kita buka kembali untuk dibaca. Jadi dapat kita ketahui masyarakat lebih cenderung memilih E-LIBRARY dari pada Perpustakaan biasa.
Hal ini dikeluhkan oleh pengurus perpustakaan sebuah perguruan tinggi, yaitu menurunnya minat baca mahasiswa di perpustakaan. Mereka mengatakan bahwa mahasiswa lebih memilih mengakses informasi atau bahan bacaan melalui internet daripada datang ke perpustakaan. Ini mengindikasikan bahwa peran perpustakaan lambat laun akan tergantikan oleh internet. Ini disebabkan oleh beberapa aspek.
• Pertama adalah aspek internal. Aspek internal adalah aspek yang mempengaruhi minimnya minat baca seseorang di perpustakaan. Antara lain adalah ketatnya peraturan dari pihak perpustakaan mulai dari syarat peminjaman, batas jumlah buku yang bisa dipinjam, dan tenggang waktu peminjaman.
• Kedua, membaca buku membutuhkan waktu yang tidak cepat serta membosankan. Kemudian aspek selanjutnya adalah aspek eksternal yaitu kebutuhan seseorang terhadap sumber bacaan. Seseorang yang datang ke perpustakaan ia harus mencari-cari buku yang dibutuhkannya. Ini membutuhkan waktu yang lama dan membosankan.
Keutamaan seseorang memilih media internet adalah karena praktisnya mengakses berbagai alamat situs yang diinginkannya. Selain itu media internet juga efektif dari waktu maupun tempat. Nyamannya tempat yang disediakan serta capatnya mengakses berbagai informasi yang di inginkan membuat internet banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Rujukan
https://www.harianbhirawa.co.id/nasib-perpustakaan-di-era-internet/
https://news.detik.com/opini/d-869012/internet-dan-perpustakaan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *