Press "Enter" to skip to content

Kehadiran Internet dan Dunia Perpustakaan

Kemajuan zaman yang terjadi sekarang ini menuntut masyarakat untuk selalu ikut andil dalam mewarnainya atau sekurang-kurangnya dapat berperan dalam penggunaan fasilitas-fasilitas sebagai hasil dari kemajuan zaman tersebut. Penggunaan tersebut erat kaitannya dengan kebutuhan informasi yang diperlukan oleh pelanggan/manusia. Teknologi informasi (TI) turut berkembang sejalan dengan perkembangan peradaban manusia. Internet merupakan salah satu bentuk perkembangan peradaban tersebut. Internet merupakan media atau sarana bagi pengguna untuk mencari informasi.

Dengan adanya internet ini para pengguna sangat terbantu dalam menyelesaikan suatu tugas yang tidak ada referensi atau sulit untuk menemukan referensinya. Disamping itu juga internet memberikan berbagai informasi di segala bidang kehidupan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kemajuan teknologi yang begitu pesat, tidak dapat dipungkiri lagi. Betapa terbantunya kehidupan manusia dengan hadirnya internet di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang saat ini segalanya menuntut serba praktis dan instan/cepat. Informasi yang tersedia di internet mencakup segala bidang baik pendidikan, bisnis dan sebagainya tergantung dari kebutuhan manusia/penggunanya.

Dengan perubahan perkembangan zaman dan teknologi informasi, perpustakaan juga mengalami perubahan dalam penyimpanan dan penyajian informasi dari tercetak beralih dalam bentuk elektronik dan cara penelusuran informasi yang semakin cepat dan lebih mudah untuk temu kembali bahan Pustaka. Memanfaatkan internet didalam perpustakaan tidak hanya memberi kemudahan bagi pengguna mencari informasi yang dibutuhkannya, dengan mengakses internet juga memanfaatkannya untuk berbagai tujuan. Tujuan tersebut antara lain :

a. Mengakses OPAC perpustakaan

b. Menyediakan akses kepada pemakai ke dialog, BID, dan layanan penelusuran online lainnya.

c. Mengirimkan dan menerima email

d. Berpartisipasi dalam mailing list, misalnya list-link

e. Mengakses informasi terkini dari berbagai sumber penyedia informasi seperti penerbit, distributor buku, layanan online, pangkalan data, CD-ROM

f. Sebagai media curren/awareness guna mendapatkan informasi tentang konferensi, kursus / pendidikan, dan artikel-artikel yang akan terbit

g. Mengakses jurnal dan news letter electronic.

Keberadaan internet ini merupakan sesuatu yang baru bagi perpustakaan karena kedua hal ini baik perpustakaan maupun internet merupakan infrastruktur informasi yang sangat berperan penting untuk menyampaikan informasi kepada pencari informasi. Kehadiran internet ini membawa sesuatu yang baru bagi perpustakaan karena dengan kehadiran internet maka muncullah istilah Digital Library (Perpustakaan Digital), e-Library (Perpustakaan elektronik), dan Virtual Library (Perpustakaan Maya).
Manfaat Perpustakaan Digital tidak hanya dirasakan oleh penggunanya saja, akan tetapi pustakawan pun ikut merasakan bagaimana manfaat Perpustakaan Digital (Digital Library) ini.

Pengembangan Perpustakaan Digital ini merupakan sesuatu yang baru karena menerapkan dari sistem tradisional manual menuju modern yang canggih. Namun demikian dalam penerapan atau membangun Perpustakaan Digital ini ada beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan. Di antara faktor-faktor tersebut adalah :

  1. Analisa Kebutuhan
  2. Studi Kelayakan
  3. Memilih Sofware
  4. Pelaksanaan
  5. Evaluasi

Namun di sisi lain ada beberapa kalangan yang mengkhawatirkan eksistensi perpustakaan dengan adanya internet ini. Mereka menganggap bahwa kehadiran internet ini bisa mengancam keberadaan perpustakaan, dengan alasan bahwa semua informasi sudah tersedia di internet. Dengan mengetik suatu kata maka akan muncul semua informasi yang diinginkan oleh pengguna. Lain halnya dengan perpustakaan, menurut mereka perpustakaan banyak menyediakan informasi yang sudah ketinggalan zaman dan tidak up to date, dan bahkan ada beberapa koleksi yang sudah jadul sehingga untuk menggunakannya sangat sulit karena bentuknya yang sudah usang dan kuno. Tetapi di sisi lain perlu dicermati bahwa tidak selamanya keberadaan internet mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pengguna.

Tetapi walaupun demikian, baik perpustakaan maupun internet masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan dan bahkan saling melengkapi. Di satu sisi perpustakaan tak bisa menghindari kehadiran internet ini, bahkan seharusnya internet dijadikan sebagai salah satu sarana akses informasi didalam perpustakaan. Dengan demikian keduanya saling melengkapi satu sama lain. Perpustakaan menyediakan sarana untuk akses internet, begitu juga diinternet disajikan koleksi perpustakaan secara digital. Sehingga koleksi perpustakaan bisa dinikmati secara luas oleh pemustaka dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *