Press "Enter" to skip to content

Pentingnya Teknologi Informasi di Perpustakaan

Perpustakaan merupakan tempat melakukan sesuatu proses pinjam meminjam dalam bidang pengelolaan jasa informasi untuk mendukung proses pinjam meminjam buku di dalam perpustakaan harus  kita memanfaatkan  teknologi sehingga proses diharapkan lebih efisien dan efektif dan akan mendapatkan informasi yang maksimal. Penerapan teknologi sangat diperlukan sebagai alat bantu agar perpustakaan dapat berkembang dan maju. Sejatinya, perkembangan teknologi informasi (TI) membawa pengaruh terhadap perkembangan perpustakaan yang semakin maju. Tanpakita sadari teknologi  sudah mempengaruhi system kerja di dalam ruang perpustakaan. Misalnya, jika dulu untuk mendata bagi si peminjam kita harus menggunakan pembukuan atau sistem catat mencatat. Kini, berganti manfaat dengan menggunakan komputer. Pinjam meminjam pun akan sangat jauh lebih mudah data informasis pun bias dikirim secara elektronik lewat via email (EMAIL) karena sudah ada penunjang yang sangat baik yaitu fasilitas internet dan komputer. Bahkan, sekarang komputer dan internet telah menjadi kebutuhan pokok dalam apapun bentuk pekerjaan itu. Begitu seterusnya: perkembangan teknologi yang terjadi turut mempengaruhi sistem kerja dalam perusahaan.

Dalam penerapannya, teknologi informasi yang akan dilakukan sebuah perpustakaan dapat dikatagorikan ke dalam 3 bagian. Pertama, system aplikasi TI pada perpustakaan yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi yang ada pada perpustakaan. Kedua, sistem aplikasi TI yang akan dipakai dalam segala urusan di perpustakaan. Misalnya, sistem atau aplikasi pinjam meminjam dan pengelolaan bahan koleksi di dalam ruang atau gedung perrpustakaan. Ketiga, sistem aplikasi TI yang cocok dengan kebutuhan yang spesifik pada perpustakaan. Khususnya yang berhubungan pada proses penciptaaan informasi atau jasa yang akan ditawarkan di dalam perpustakaan. Misalnya aplikasi manajemen, aplikasi peminjaman, dan aplikasi pengelolaan bahan pustaka. Tentunya, teknologi yang diciptakan memiliki fungsi tertentu untuk setiap kalangan yang menggunakannya. Termasuk bagi perpustakaan teknologi memiliki fungsi dan arti yang sangat diperlukan untuk menunjang agar perpustakaan itu lebih baik kedepannya. Dengan teknologi memungkinkan struktur pengelolaan menjdai lebih ramping karena hampir seluruh bagiian perpustakaan telah menggunakan teknologi dalam setiap ruang-ruang perpustakaan. Dalam hal ini teknologi menjadi landasan knowledge generator dan alasan yang kuat bagi para pemimpin perpustakaan untuk mengambil keputusan agar memiliki teknologi yang lebih canggih dikarenakan  sebagaimana teknologi itu iyalah fungsi sebagai media komunikasi di setiap individu.

Pemustaka dapat berinteraksi dengan user lain untuk berkolaborasi, dan sebagainya. Teknologi dalam fungsi communication ini juga dapat dijadikan sebuah media promosi kepada para pelanggan. Bagi perpustakaan teknologi memang sangat berperan penting di dalam mendukung proses berkembangnya sumber informasi. Teknologi di manfaatkan untuk menunjang kegiatan operasional di dalam perpustakaan. Saat ini, umumnya kegiatan operasional perpustakaan sudah di topang dengan teknologi informasi untuk mengurangi cara-cara manual yang biasa mempersulit dan memperhambat jalannya penyebaran informasi didalam kalangan masyarakat sekitar. Berbagai aplikasi yang dikembangkan dari teknologi dapat digunakan oleh perpustakaan untuk berbagi informasi. Teknologi juga berperan untuk memepermudah menjalankan aktifitas. Tentu saja, dengaan mudahnya dalam mengakses teknologi, maka aktifitas pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi tersebut pun terasa ringan dan mudah untuk dijalankan. Lagi, dengan memanfaatkan teknologi memungkinkan perpustakaan bias melakukan efisiensi. Dan pemustaka bias bekerja dengan lebih cepat, shingga teknologi pun bias menghemat waktu.

dengan menerapkan teknologi ada beberapa manfaat atau keuntungan yang diperoleh perpustakaan. Antara lain: otomatisasi semua system yang tadinya bersifat manual pada perpustakaan kini sudah berubah menjadi otomatis sehingga dapat mengurangi biaya untuk tenaga kerja dan lain-lain.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *