Press "Enter" to skip to content

Perpustakaan di Era Keterbukaan Informasi Saat Ini

Di era keterbukaan informasi saat ini , kebutuhan akan informasi masyarakat semakin meningkat pesat. Dengan adanya bantuan internet akses informasi semakin dipermudah. Melalui komputer, HP, ipad dan teknologi lainnya, berbagai informasi dapat kita perolehdeengan sangat mudah dimanapun kita berada. Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi harus mampu melayani kebutuhan informasi penggunanya, apalagi dengan kehadiran teknologi informasi pola perilaku masyarakat sedikit berubah terutama dengan kehadiran NetGen. Agar perpustakaan mampu bersaing dengan lembaga penyedia informasi lain, perpustakaan diharapkan mampu menyediakan kebutuhan informasi penggunanya dan mampu meningkatkan layanannya.

Pada zaman milenium ini, perkembangan teknologi meningkat semakin pesat dan canggih. Hal ini berpengaruh pada budaya masyarakat-masyarakat indonesia, seperti mencari berita terbaru selalu internet, mencari kebutuhan rumah tangga di internet dan sebagainya. Kebutuhan akan informasi masyarakat kini semakan tinggi, dulu informasi hanya sebagai pelengkap atau bisa dikatakan  orang masih bisa hidup  tanpa adanya informasi.

Di era sekarang informasi terus dicari, karena informasi kini telah menjadi kebutuhan masyarakat. Informasi akhir-akhir ini mudah sekali diakses, kita tidak harus pergi ke perpustakaan. Dengan bermodal hand phone pintar, tablet, ataupun ipad kita bisa mengakses informasi di manapun kita berada. Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi harus tanggap dengan budaya masyarakat yang seperti ini. Apalagi generasi muda saat ini, pola perilaku sedikit berbeda  dengan perilaku orang dulu. Mereka tergolong dalam NetGen, yang  menuntut pelayanan yang serba cepat dan tepat. Agar perpustakaan tidak jauh ditinggalkan oleh para penggunanya, perpustakaan harus mampu menyediakan layanan yang dibutuhkan penggunanya.

Perkembangan peradaban saat ini, membuat masyarakat tidak bisa lepas dengan kebutuhan informasi. Informasi yang dulunya sebagai pelengkap, kini menjadi sebuah kebutuhan. Informasi merupakan alat untuk mengambil keputusan baik yang besifat privat maupun publik. Tanpa adanya informasi yang pasti, kita tidak akan bisa membuat keputusan yang maksimal. Sebagai dosen/mahasiswa misalnya, memerlukan informasi yang pasti untuk menunjang proses pembelajaran, penelitian, membuat makalah ataupun tugas akhir. Hampir semua sektor membutuhkan informasi  dan informasi yang dibutuhkan sangat beragam. Seiring dengan perkembangan teknologi  terutama internet, kita semakin dipermudah dalam memperoleh informasi. Hanya saja dibutuhkan kejelian dalam memilih informasi yang kita butuhkan, karena informasi yang kita dapat dari internet itu beragam dan banyak.

 Perpustakaan sebagai salah satu lembaga penyedia dan pengelola informasi  harus bisa menyediakan informasi yang diperlukan oleh para penggunanya, baik yang tersedia diperpustakaan secara fisik maupun yang bisa diakses via internet.

Dengan diterbitkannya undang-undang No. 14 tahun 2008 yang mengatur tentang keterbukaan Informasi Publik (KIP) maka kebebasan akses terhadap informasi publik oleh masyarakat di Indonesia akan terjamin. Undang-undang ini juga merupakan bentuk pengakuan hak setiap masyarakat atas akses informasi, hak tersebut harus dipenuhi dan dilindungi secara hukum.

Adapun tujuan dari perpustakaan yaitu menyediakan kebutuhan informasi bagi penggunanya. Semua tergantung dari lembaga induk yang membawahinya, misalnya perpustakaan perguruan tinggi berarti perpustakaan tersebut harus menyediakan kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh seluruh civitas akademika di perguruan tinggi tersebut.  Begitu pula dengan perpustakaan sekolah maupun perpustakaan umum, harus menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.  

Dengan demikian dengan adanya berbagai penunjang bagi para pengguna memudahkan kita mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, baik berupa buku, artikel, berita , dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan agar kita lebih bijaksana menggunakan informasi yang ada sekarang karena di zaman sekarang banyak informasi yang tidak benar ( hoax ) tersebar dan disebarkan lagi oleh pengguna lainnya yang tidak tau kebenarannya. Oleh karena pergunakan teknologi untuk mencari informasi yang benar dan tepat.

https://www.kompasiana.com/bachrulilmi/5930a47ab693734e08e78ecb/keterbukaan-informasi-publik-dalam-perspektif-penyelenggaraan-perpustakaan

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *