Press "Enter" to skip to content

Strategi Perpustakaan Dalam Memanfaatkan Internet

Perpustakaan memerlukan strategi dalam pemanfaatan internet. Untuk itu diperlukan analisa SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity dan Treats) dalam penentuan strateginya.

https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=id&id=8123

Sebagaimana langkah awal dalam menyusun strategi maka dilakukan beberapa analisa faktor-faktor eksternal dan internal melalui analisa SWOT yang terdiri Strengh (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang) dan Treats (Ancaman).

Keterkaitan Antara Perpustakaan dan Internet

Pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah, apa itu Perpustakaan ?  Masih banyak orang yang sama sekali belum tahu apa sih itu Perpustakaan , Perpustakaan adalah tempat menaruh buku-buku, tempat peminjaman buku-buku, tempat untuk mengerjakan tugas sekolah dll. Saat ini saya akan memberitahu kalian apa itu Perpustakaan Secara umum, bahwa pengertian perustakaan adalah suatu gedung yang menyimpan koleksi bahan pustaka secara sistematis dan mengelolanya secara khusus sebagai sumber informasi dan dapat digunakan oleh pemakainya.

Namun, saat ini pengertian tradisional dan paradigma lama mulai tergeser seiring perkembangan berbagai jenis perpustakaan, variasi koleksi dalam berbagai format memungkinkan perpustakaan secara fisik tidak lagi berupa gedung penyimpanan koleksi buku.

Banyak kalangan memandang perpustakaan sebagai sistem, tidak lagi menggunakan pendekatan fisik. Sebagai sebuah sistem perpustakaan terdiri dari beberapa unit kerja atau bagian yang terintergrasikan melalui sistem yang dipakai untuk pengolahan, penyusunan dan pelayanan koleksi yang mendukung berjalannya fungsi – fungsi perpustakaan.

Berbicara tentang layanan, Perpustakaan memiliki berbagai layanan diantaranya adalah layanan E-Resourcess dimana layanan ini berkaitan dengan Internet, dan teknologi elektronik, E-Resourcess ini sangat penting bagi perkembangan Perpustakaan masa depan dimana Pustakawan akan lebih mudah mendapat informasi , bukan hanya Pustakawan, Pemustakan pun juga sama halnya dengan Pustakawan dimana akan lebih gampang mengakses koleksi terbaru.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *