Press "Enter" to skip to content

Aplikasi Teknologi OPAC di Perpustakaan

Online Public Access Catalogue (OPAC) atau katalog / koleksi perpustakaan dirancang untuk menemukan /menelusuri koleksi yang diinginkan oleh pengunjung perpustakaan dengan lebih mudah. Pengembangan rancangan OPAC lebih difokuskan bagaimana sistem ini dapat memberikan informasi mengenai status koleksi, lokasi koleksi sehingga pengunjung perpustakaan bisa lebih mudah dan dengan lebih cepat menemukan koleksi sesuai tempatnya. OPAC ini dikembangkan dengan menggunakan bootstrap yang mendukung antarmuka berbasis web yang responsif, dan bisa menyesuaikan ukuran layar/monitor.

Online Public Access Catalog merupakan sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipergunakan oleh pengguna perpustakaan untuk menelusur informasi yang terdapat pada Perpustakaan serta untuk mendapatkan informasi tentang lokasi informasi yang dibutuhkan. OPAC yang dihubungkan dengan sistem sirkulasi akan memberikan informasi kepada pengguna tentang ketersediaan informasi yang dibutuhkan. Teknologi informasi di perpustakaan sering dijadikan sebagai tolak ukur kemajuan dan modernisasi dari sebuah perpustakaan. Jika perpustakaan ingin mengimplementasikan teknologi informasi dalam layanan dan aktifitasnya maka perlu direncanakan secara matang untuk mengantisipasi agar tidak ada kesia-siaan dalam perencanaan dan pengembangan yang berakibat pula pada pemborosan waktu, tenaga, pikiran dan keuangan, karena hal tersebut memerlukan dana yang tidak sedikit. dengan aplikasi teknologi opac yang ada diperpustakaan mempelancar mencari informasi yang di muat pemustaka. penggunakaan aplikasi teknologi opac ini pemustaka lebih mudah mencari sumber informasi yang mereka butuhkan dan mereka bisa menggunakan smart phone untuk mengaksesnya. Hal ini memudahkan pemustaka tidak perlu repot-repot ke perpustakaan langsung.

Salah satu hal penting yang berhubungan erat dengan koleksi elektronik dan sistem otomasi perpustakaan adalah online catalog atau OPAC. Online catalog merupakan deskripsi bibliografi yang disediakan dalam sistem informasi perpustakaan yang dapat memberikan informasi mengenai koleksi yang dimiliki oleh suatu perpustakaan. Berbagai jenis katalog telah tersedia di perpustakaan seperti katalog buku, katalog kartu, katalog CD-ROM, katalog COM (computer output microform) dan OPAC (online public access catalog). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi di perpustakaan yang semakin pesat, kebanyakan perpustakaan sudah meninggalkan katalog konvensional dan beralih ke catalog online. Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan menjadi salah satu cara di dalam memanfaatkan koleksi-koleksi yang tersedia di Perpustakaan dalam bidang penelusuran. Hal tersebut menjadi penting dilakukan karena memberikan berbagai kemudahan terhadap pengguna perpustakaan di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *