Press "Enter" to skip to content

PERPUSTAKAAN DIGITAL BAGI KAUM MILENIAL

Dinamika masyarakat saat ini terjadi sangat cepat. Hal ini disebabkan karena ikim hidup yang semakin komperatif serta kemajuan teknologi yang terjadi. Kemajuan teknologi memungkinkan masyarakat melakukan rutinitas lebih cepat hingga waktu yang digunakan dapat efektif dan efisien. Informasi saat ini menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan seseorang atau lembaga.

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah format masyarakat, dari masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global, sebuah dunia yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi, mengantarkan masyarakat memasuki sebuah dunia, dimana masyarakat saling kenal dan menyapa satu sama lain.

Sebagai bagian dari masyarakat maka perpustakaan perlu merespon kondisi yang sedang terjadi di masyarakat. Ketika masyarakat menginginkan segala sesuatu berjalan dengan cepaat maka perpustakaan pun perlu meresponnya. Perkembangan teknologi informasi yang membawa perubahan dimasyarakat juga perlu direspon oleh perpustakaan seperti apa respon perpustakaan terhadap dinamika yang terjadi dimasyarakat.

Dari perkembangan teknologi dapat memberi kita semua kemudahan untuk bekerja atau berkomunikasi, berbagai produk teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang. Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki era mobile technology dan wireless technology. Perkembangan mobile dan wireless tecnology tentu perlu direspon perpustakaan. untuk mengakses perpustakaan secara langsumg semakin terbatas, dalam kondisi seperti ini perpustakaan perlu mendesain layanan yang mampu mendekatkan layanan perpustakaan kepada pengguna walaupun perpustakaan juh secara fisik dari pengguna. Apabila hal ini tidak dilakukan perpustakaan, mungkin perpustakaan akan ditinggalkan oleh masyarakat.

Setelah melihat beberapa fenomena dan akibatnya dengan perangkat-perangkat mobile technology seperti internet, PDA, dan telepon seluler maka perpustakaan dapat mendesain layanan berbasi web. Layanan

Pemahaman perpustakaan digital dapat dilihat dari definisi maupun dari segi karakteristiknya. Walaupun memiliki kesamaan dalam istilah digital, definisi perpustakaan digital tidaklah seragam. Dari segi etimologi, perpustakaan sebagai kumpulan pustaka (buku), maka sebuah perpustakaan dalam bahasa modern dapat bermakna kumpulan apa saja misalnya perangkat lunak.

Untuk realisasi konsep layanan maka sudah saatnya perpustakaan membangun koleksi digital. Fungsi koleksi digital ini sebagai pelengkap koleksi tercetak yang dimiliki perpustakaan. kedua jenis koleksi ini diharapkan mammpu menjembatani kebutuhan dua kelompok pengguna perpustakaan yang berbeda, yaitu mereka yang lebih aktif memanfaatkan koleksi tercetak serta menyediakan kelompok yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengakses langsung perpustakaan dan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengakses koleksi digital perpustakaan. Perpustakaan perlu menghimpun koleksi digital. Ada 2 cara yang dapat dilakukan proses digitalisasi koleksi atau mencari koleksi digital yang tersebar di dunia maya atau internet.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *